-->

Translate

Geram Keinginannya Dimakamkan Sebagai Perempuan Disorot, Dorce: Biarkan Keluarga Saya yang Ngurus

-- --

 


Keinginan Dorce Gamalama dimakamkan sebagai perempuan menimbulkan pro kontra. Sindir ustaz yang menganjurkan dirinya dimakamkan sebagai laki-laki.

Dorce menanggapi pernyataan Gus Miftah yang menyebut dirinya harus dimakamkan sesuai kodratnya, yakni sebagai laki-laki.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Dorce Gamalama sempat menyampaikan sejumlah wasiat sebelum dirinya meninggal kepada Donny Sumargo.

Salah satunya adalah jika ia ingin dimakamkan sebagai perempuan.

“Setelah operasi, saya menjadi perempuan dan punya kelamin perempuan.

Jadi kalau saya meninggal dunia, saya mau dimakamkan sebagai perempuan,” pinta Dorce dalam YouTube Denny Sumargo, Minggu, 23 Januari 2022.

Terkait permintaan ini, Gus Miftah angkat bicara saat ditanyai para wartawan.

"yang saya dengar tentang Bunda Dorce ini, kalau beliau dulu yang saya dengar ya beliau kan terlahir sebagai laki-laki, kemudian dioperasi transgender menjadi seorang perempuan.

Nah, bagaimana kalau kondisi seperti ini?" ujar Gus Miftah dikutip dari channel YouTube Official NIT NOT.

"Artinya, pengebumiannya sepanjang yang saya tahu, yaitu kembali ke kodrat asal dulu dia dilahirkan." tandasnya.

Lebih lanjut, pria yang juga dekat dengan Atta Halilintar ini menjelasakan perbedaan yang sangat jelas terkait pengurusan jenazah antara laki-laki dan perempuan.

Mulai dari cara memakaikan kain kafan, sholat dan doa jenazahnya. Niat dan doa yang akan dibacakan pun berbeda.

"Soal kain kafan, perempuan jauh lebih banyak. Kemudian soal sholat jenazah niatnya dan lain sebagainya, ini kan berbeda. Siapa pun yang lahir (laki-laki atau perempuan), sesuai dengan jenis kelaminnya ya itulah cara dia dimakamkan." tutur Gus Miftah.

"Kalo saya menyarankan, sesuai dengan kodratnya lah, dulu beliau terlahir sebagai laki-laki, meninggalnya ya secara laki-laki." tambahnya.

Tanggapan Dorce Gamalama

Mengetahui dirinya mendapat teguran dari ustaz, Dorce Gamalama memberikan respon di unggahan akun Instagram pribadinya, Minggu (30/1/2022).

"Kepada Kyai Ustaz ustaz yang sudah menerangkan keadaan mati saya, siapa yang akan memandikan saya, siapa yang akan menguburkan saya, biarkanlah keluarga saya yang akan nanti akan mengurusnya," kata Dorce Gamalama.

Ia membeberkan, siapa pun boleh mengurus jenazahnya jika sudah meninggal dunia nanti.

Dengan nada marah dan terbata-bata, Dorce Gamalama mengaku tidak ingin mempermasalahkan perbedaan signifikan tentang pengurusan jenazah laki-laki atau perempuan.

"Mau kain kapannya 7 lapis mau 8 lapis saya serahkan kepada yang ngurus, mau yang ngurus laki-lai boleh perempuan boleh, laki-laki atau perempuan siapa saja boleh mandikan jenazah saya," ucap Dorce Gamalama dalam akun Instagram @dg_kcp.

Menurut Dorce Gamalama, sebaiknya para Kyai tidak berkomentar buruk terhadap wasiatnya saat meninggal dunia nanti.

Dorce Gamalama berpesan seharusnya para Kyai memberi arahan pada wasiat yang sudah diucapkannya.

"Jadi kyai kyai yang sudah terkenal sekali pun jangan memberikan komentar yang kurang baik, harusnya Anda memberikan suguhan dan imbauan pada siapa pun," ujar Dorce Gamalama.

Bukan tanpa alasan, Dorce Gamalama mengaku mempunyai tanggung jawab sebagai seorang manusia yang hidup dan akan meninggal dunia nanti.

"Saya juga manusia punya tanggung jawab untuk hidup dan mati kelaknya," ucapnya.

Dorce Bongkar Nominal Bantuan dari Jokowi dan Megawati

Dorce Gamalama bongkar bantuan dari presiden Joko Widodo dan Megawati, tetap bersyukur meski nominalnya belum cukup untuk biaya pengobatan.

Baru-baru ini, kabar kurang menyenangkan datang dari komedian sekeligus presenter kondang Dorce Gamalama.

Dorce diketahui mengidap penyakit demensia alzheimer dan diabetes.

Sempat dirawat di rumah sakit, Dorce mendapatkan bantuan dari presiden Joko Widodo dan Erick Thohir.

Tak hanya, Jokowi dan Erick Thohir, beberapa hari lalu, Dorce juga meminta bantuan dari Megawati untuk biaya pengobatannya.

Tidak butuh waktu lama, Megawati langsung memberikan bantuan untuk Dorce.

-- --

0 Response to "Geram Keinginannya Dimakamkan Sebagai Perempuan Disorot, Dorce: Biarkan Keluarga Saya yang Ngurus"

Post a Comment