-->

Translate

Belajar Perulangan For di PHP

-- --

Bahas Tuntas Yuk...

perulangan for di php digunakan untuk mengeksekusi kode dengan beberapa kali kode tersebut dijalankan berdasarkan kondisi tertentu.

Dalam artian perulangan for digunakan ketika kita sudah tahu berapa kali kita ingin mengeksekusi blok kode php yang akan kita jalankan.


Ini memungkinkan kita sebagai pengguna untuk meletakkan semua pernyataan terkait perulangan di satu tempat. 


Struktur kode perulangan for php

Coba kita lihat struktut sintaks dari perulangan for dibawah ini:

for(inisialisai; kondisi; increment/decrement)

{ //kode yang akan dieksekusi }

Dari struktur kode php diatas kalau kita lihat inisialisasi, kondisi dan increment atau decrement dapat dikatakan merupakan parameter dari sintaks kode diatas.


Parameter for php

Parameter perulangan for php mirip dengan perulangan for java/C/C++/javascript. Parameter dari perulangan for memiliki arti sebagai berikut:


  • Inisialisasi - yaitu inisialisasi nilai penghitung loop seperti nilai awal perulangan for yang ditetapkan dengan variabel yang berisi value/nilai 1. Parameter ini dalam penggunaannya opsional artinya bisa digunakan, bisa juga tidak.

  • Kondisi - artinya mengevaluasi setiap nilai iterasi. Looping terus dijalankan sampai kondisinya salah.Jika TRUE, eksekusi loop berlanjut, jika tidak, eksekusi loop berakhir.

  • increment/decrement - artinya menambah atau mengurangi nilai variabel yang di inisialisasi. Increment berarti menambah nilai sedangkan decrement mengurangi nilai.

Untuk lebih mengetahui bagaimana cara kerja dari perulangan for php. Berikut ini contoh penerapan kode programnya.

Contoh penggunaan perulangan for php


<?php
  
for($n=1;$n<=10;$n++)
{
  echo "$n<br>";
}

?>

Cara kerja dari kode diatas adalah pada awalnya kita menginisialisasi dulu variabel n=1 kemudian tentukan kondisinya yaitu jika variabel n kurang dari (<) sama dengan (=) 10 maka program akan berjalan jika kondisi terpenuhi tapi jangan lupa untuk parameter ketiganya yaitu increment/decrement.

Kode diatas saya menggunakan increment yaitu ditandai dengan simbol ++ setelah nama variabel seperti ini $n++.

Lalu didalam blok kode for tersebut (diantara tanda {} yaitu kurung kurawal) jangan lupa untuk outputnya dengan meng-echo variabel n, maka akan tampil output seperti berikut:

contoh program perulangan for php


Note ! kode <br> pada echo diatas merupakan tag html yang berfungsi agar setiap output terjadi maka output yang dihasilkan tidak saling berhimpitan


Contoh lain penggunan for loop

Contoh lainnya program yang akan kita buat dengan for loop/pengulangan for adalah infinite loop. 

Apa itu infinite loop? Jadi nantinya output program yang akan dihasilkan hasilnya akan tampil tidak terhingga, ya jelas saja namanya infinite loop.

Ok kita langsung ke contoh kodenya berikut:


<?php

$n = 1;

//infinite loop

for( ; ; )
{
  echo $n++;
  echo "<br>";
}

?>

Kalau kita menjalankan kode diatas maka yang terjadi secara terus-menerus program akan terus berjalan tanpa henti. Dapat lihat tampilan output programnya dibawah ini.

contoh program infinite loop for php


Saya harap penjelasan saya kali ini mengenai looping(perulangan) for di php dapat dimengerti dan dipahami. Terimakasih telah membaca

-- --

0 Response to "Belajar Perulangan For di PHP"

Post a Comment