.post-body #baca-juga strong { display: inline; }
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Kue Kering Khas Betawi

Aneka Kue Kering Khas Betawi

Aneka Kue Kering Khas Betawi yang membuat lidah susah move on! Anda penggemar kuliner? Tak lengkap rasanya jika Anda tak mencicipi hidangan klasik milik ibukota ini. Ya, Jakarta selalu memiliki keunikan tersendiri.

Kota yang populer dengan keragaman penduduk ini ternyata sangat asyik untuk dikulik. Mulai dari pesona wisata, sejarah, budaya hingga makanan khas. Yang konon terkenal hingga ke mancanegara. 

Salah satunya ialah, kue kering khas betawi. Kue-kue ini dikenal lezat dan legit di mulut. Selain cara buatnya gampang, sajian ini pas untuk acara-acara tertentu, lho. Mau jajalin?

5 macam kue kering khas betawi

Beberapa macam kue kering ini bisa pula Anda jadikan referensi kudapan nikmat. Baik saat senggang, maupun acara lainnya. Banyak pula yang menjadikannya lahan bisnis. Tahu, kan rasa dari kue-kue ini begitu nikmat dan digemari. Berikut ulasan detailnya.

1. Kue Biji Ketapang

Mempunyai rasa gurih cenderung manis membuat kue ini terasa seimbang. Paduan telur, kelapa, terigu dan bahan lainnya membuat teksturnya mudah dikenali. Bagi Anda penyuka kue dengan rasa gurih-manis bisa menjajal membuatnya. 

Kue ini memiliki tampilan kecil-kecil layaknya biji ketapang. Itulah kenapa disebut demikian. Cara membuat nya juga cukup digoreng saja. Sehingga tidak ribet dan membutuhkan waktu yang singkat.


2. Kue Kembang Goyang

Rekomendasi kue yang digoreng kedua ini juga sangat dinanti. Umumnya, kue ini hanya dibuat saat acara tertentu. Paduan khas rasa manis - gurih dari karamelisasi gula dalam adonannya.

Komposisi kue kering ini cukup sederhana. Ada yang menyukai adonan tepung beras, gula, garam hingga telur. Ada pula yang memakai campuran tepung beras juga tapioka. Jika suka bisa pula dikreasikan dengan wijen, agar rasanya lebih menggigit.

Cara membuat kue ini ialah dengan cetakan berbentuk bunga. Yang mana sebelumnya dicelupkan pada minyak panas. Baru kemudian dimasukkan dalam adonan tepung. Lantas masukkan kembali ke penggorengan dengan minyak panas tadi. 


3. Kue Akar Kelapa 

Jenis kue kering khas betawi ketiga ini juga tak kalah sip. Teksturnya yang mirip dengan akar kelapa dengan warna kecoklatan. Serta renyah saat digigit. Kue ini juga mempunyai rasa gurih - manis namun tidak eneg. Sehingga cukup banyak yang memfavoritkannya.

Baca juga : Sate Bandeng Oleh-oleh Khas Banten

Paduan telur, tepung terigu, gula, garam hingga bahan lainnya dengan takaran pas. Yang nantinya membuat kue lebih renyah dan tidak keras. Selain tepung terigu, ada pula yang membuat adonan dari tepung ketan. 

Ya, hal ini masih ditambah kreasi dengan rasa pedas, asin hingga kombinasi keduanya. Anda tertarik untuk mengolah kreasi ini di rumah?


4. Kue Satu

Dibuat dari tepung kacang hijau dengan citarasa manis ini cukup populer. Dibuat secara manual dengan cetakan dari kayu. Yang ikut menambah kelegitan rasanya. Namun, kini banyak beredar aneka jenis cetakan yang cantik dan enak dipandang.

Kue satu hingga kini masih disajikan dalam acara-acara khusus. Yang mana turut dipelihara kelestariannya. Selain itu, kue ini patut dijadikan ide bisnis karena peluang pasarnya cukup baik.


5. Rengginang

Jajanan khas betawi ini terbuat dari tepung ketan baik putih atau hitam, bumbu rempah, juga bahan lainnya. Teksturnya renyah gurih, namun adapula yang membuatnya dengan rasa manis. Tapi, keduanya tetap lezat saat dikudap. 

Kue kering ini juga melalui proses penggorengan. Namun, adonannya terlebih dahulu dikukus, dicetak baru kemudian dijemur hingga kering. Jika akan memakannya Anda wajib menggorengnya terlebih dahulu. 

Bagaimana, sudah terbayang kan rasa kue kering khas betawi yang menggoda ini? Mau buat sendiri bisa, jika repot ada banyak gerai yang menjualnya lho.

Posting Komentar untuk "Aneka Kue Kering Khas Betawi"