.post-body #baca-juga strong { display: inline; }
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Kerjaan Islam yang paling tertua di Indonesia
Sumber gambar : Indonesiabaik.id


Kerajaan Islam Tertua di Indonesia
- Islam merupakan salah satu agama yang berkembang pesat di Indonesia. Bahkan, Islam kini menjadi agama mayoritas penduduk di tanah air ini. Berdasarkan catatan sejarah, terdapat banyak sekali kerajaan Islam yang tersebar di setiap pulau. 

Berdasarkan pengetahuan yang diperoleh di bangku sekolah, Samudra Pasai adalah kerajaan Islam pertama yang ada. Namun benarkah seperti itu?

Agama Islam sendiri berkembang dengan pesat di Indonesia mulai dari abad ke-13 hingga abad ke-16. Penyebaran agama ini berkat adanya pedagang-pedagang dari negara Arab yang hilir mudik di sepanjang perairan Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak kerajaan Islam bermunculan di wilayah yang menjadi jalur perdagangan.

Berikut adalah daftar 7 Kerajaan Islam Tertua di Indonesia.

7 Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Info penting, ilustrasi atau gambar yang terdapat di bawah ini adalah hanya gambaran semata saja, bisa mungkin sesuai dan bisa mungkin juga tidak sesuai.

Kerajaan Perlak (840-1292 M)

Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Sebelum berdirinya Samudra Pasai, pada tahun 840 berdiri sebuah kerajaan Islam bernama Kerajaan Perlak di daerah Aceh Timur. Nama kerajaan ini berasal dari kata peurelak sebuah kata dari bahasa daerah yang merupakan nama kayu yang biasa dibuat untuk membuat kapal. 

Sultan Alaidin Syed Maulana Abdul Aziz Syah merupakan raja pertama dari kerajaan Islam tertua ini . Pada tahun 1292, kerajaan ini akhirnya bersatu dengan Samudra Pasai.

Baca juga : Nama-nama Raja Yang Memimpin di Kerajaan Banten

Kerajaan Ternate (1257-1950 M)

Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Di wilayah Sulawesi ada Kerajaan Ternate yang berdiri semenjak tahun 1257 dan baru berakhir di tahun 1950. Wilayah kekuasaannya meliputi Sulawesi dan Papua. Kerajaan ini berjaya ketika berada di bawah pemerintahan Sultan Baabullah yang berhasil mengusir Portugis. Kerajaan ini meninggalkan beberapa peninggalan mulai dari kerajaan, mesjid dan juga sebuah benteng bernama Benteng Tolukko.

Kerajaan Samudra Pasai (1267-1521 M)

Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Nama Kerajaan Samudra Pasai tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kerajaan inilah yang digadang-gadang sebagai kerajaan Islam tertua di Indonesia. Dibandingkan dengan Kerajaan Perlak yang sama-sama terletak di Aceh, Samudra Pasai memang memiliki masa kejayaan yang lebih baik. Kerajaan ini berhasil bertahan hampir selama 3 abad mulai dari tahun 1267 hingga 1521.

Kerajaan Pagaruyung (1347-1825 M)

Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Di daerah Sumatera Barat ada Kerajaan Pagaryung. Meskipun berdiri cukup lama, namanya tidak terlalu banyak terdengar. Kerajaan ini masih memiliki corak Hindu, selaku agama yang berkembang lebih dulu di Indonesia. Kerajaan Pagaruyung berdiri dari tahun 1347 hingga tahun 1825.

Kerajaan Malaka (1405-1511 M)

Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Kerajaan Malaka memiliki wilayah kekuasaan yang cukup luas. Kerajaan ini menguasai wilayah Malaka, Riau hingga Malaysia. Kerajaan ini sebelumnya merupakan kerajaan Hindu, sang Raja yang bernama Parameswara pun mengganti namanya menjadi Sultan Iskandar Syah ketika masuk Islam.

Kerajaan Cirebon (1430-1677 M)

Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Kerajaan Islam yang berdiri di Cirebon memiliki pengaruh yang sangat kuat dari salah satu sunan yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, Sunan Gunung Djati. Diketahui bahwa pendiri dari salah satu kerajaan Islam tertua di Indonesia ini masih salah satu keturunan dari Prabu Siliwangi. Di akhir masa kejayaannya, Kerajaan Cirebon ini terpecah menjadi beberapa bagian.

Sebagai salah satu kerajaan Islam besar di daerah Jawa, terutama Jawa Barat, ada begitu banyak peninggalan dari kerajaan tersebut. Di Cirebon ini terdapat makam Sunan Gunung Djati, orang yang berjasa menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa Barat. Di sini juga bisa ditemukan istana kerajaan, Kereta Singa Barong Kasepuhan dan lain sebagainya.

Kerajaan Demak (1475-1548 M)

Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Kerajaan Islam tertua di Indonesia yang terakhir adalah kerajaan Demak yang terletak di Jawa Tengah. Di kerajaan ini banyak sekali sunan yang membantu menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, khususnya di daerah Jawa Tengah. Pendiri kerajaan ini adalah Raden Fatah. Sedangkan para sunan yang membantu menyebarkan agama Islam adalah Sunan Kalijaga, Sunan Muria, Sunan Bonang dan Sunan Kudus.

Dari ke 7 daftar kerajaan Islam tertua di indonesia di atas bisa disimpulkan bahwa kerjaan Islam yang tertua di Indonesia adalah kerjaan Perlak.

Banyak orang yang beranggapan bahwa kerjaan Islam tertua adalah kerjaan Pasai.


Posting Komentar untuk "7 Kerajaan Islam Tertua di Indonesia"